Panduan etika Pergaulan Secara Online

Panduan etika Pergaulan Secara Online
by: dody on Javanese Motion Group

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa kemajuan teknologi dan informasi dewasa ini telah membuat kita dengan mudahnya dapat mengakses berita dari seluruh dunia. Selain itu kita juga dengan adanya internet kita juga bisa mendapatkan kemudahan untuk berkomunikasi secara online dengan jutaan orang di seluruh dunia yang belum pernah kita kenal sebelumnya. Serbagai sebuah media informasi dan komunikasi alternatif, internet memiliki banyak kegunaan bila digunakan secara baik dan benar. Seperti layaknya hubungan di dunia nyata, di dunia internet juga dikenal etiket yang sering disebut dengan nettiquette atau netiket. Nah, untuk kali ini saya akan menyampaikan pemaparan netiket 2 alat penyampaian informasi dan komunikasi yang sedang populer di internet, yaitu: blog dan chatting.


Blog adalah suatu halaman web berisi jurnal yang merefleksikan personality pembuatnya dan bisa diakses oleh banyak orang. Selain itu blog juga merupakan tipe situs web yang berisi jurnal dan diurutkan terbalik secara kronologis. Isinya adalah komentar atau berita tentang subjek tertentu, mulai dari permasalahan ‘ringan’ seperti hobi sampai ke hal yang ‘berat’ seperti politik. Sebuah Blog idealnya di-update setiap hari. Ada beberapa netiket untuk menulis atau pun menanggapi blog di internet:

  • Pergunakanlah blog sebagai wadah/tempat untuk mencurahkan isi hati kita, baik itu ide, gagasan, kritik, saran, komentar mau pun visi dan misi hidup kita  dengan jelas dan sejujur-jujurnya. Jangan hanya menulis/memposting blog, tapi Anda tinggal mengcopy-paste dari blog orang lain. Tipe blog ini r1d0aja sangat tidak kreatif. Bagaimana pun juga blog adalah hasil karya orang lain dan perlu diakui juga hak ciptanya. Jika Anda ingin melakukan hal tersebut, maka hendaknya minta ijin dulu kepada yang bersangkutan dan mengucapkan terima kasih jika orang tersebut mengijinkan agar blognya digandakan/disebarluaskan. Jika perlu, anda bisa menuliskan sumber informasinya, seperti: “Dicuplik dari: …, Dikutip dari: …, Dinukil dari:…, Dipetik dari: …, atau Courtesy of: … .” Cara ini bisa berfungsi untuk memperluas jaringan dan jalinan pertemanan.

  • Salah satu cara agar blog dikunjungi adalah dengan saling bertukar alamat blog. Jangan lupa berkomentar diblog orang itu dan ketika berkomentar, jangan lupa untuk meninggalkan alamat  blog. Dengan demikian siapa tahu dia balas berkunjung dan mudah-mudahan balas berkomentar. Jadi, jika kamu ingin blog kamu itu banyak dikunjungi oleh orang lain, maka sering-seringlah membuka blog milik temanmu dan memberikan komentar. Nah, disini harus ada hubungan timbal balik. Anda tidak bisa mengharapkan blog Anda akan dikunjungi, sedangkan Anda hanya melihat isi blog dan enggan untuk berkomentar. Biasanya sih saya suka melihat isi blognya dulu, jika isi blognya bagus maka saya langsung memberikan komentar. Namun, jika 1 atau 2 kali saya memberikan komentar di blognya, tapi dia tidak memberikan  komentar atau mengadakan kunjungan balasan ke blog saya, maka jangan harap saya mau memberikan komentar atau mampir lagi. Dengan cara kita saling mengunjungi blog, maka paling tidak kita bisa menunjukkan bahwa kita saling peduli satu  sama lain. Perlu diketahui bahwa blog yang baik, bukan dilihat dari banyaknya komentar yang masuk, tetapi dilihat dari isi atau kualitas blognya. Belum tentu blog yang komentarnya banyak, isinya bagus. Bisa saja, blog itu hanya “BLOG SAMPAH” yang sangat…sangat…tidak bermutu!!! . Usahakanlah untuk menulis blog yang inspiratif,informatif dan edukatif.

  • Jangan terlalu banyak menampilkan kombinasi fitur lain dalam blog. Seperti penambahan musik, gambar dan video. Blog merupakan sarana yang tepat untuk mengekspresikan perasaan dan menyampaikan pendapat kita. Kemampuan berbicara dan menyampaikan pendapat seseorang bisa diihat dari isi tulisan di blog. Selain itu tingkat intelektualitas seseorang apakah memadai atau tidak, juga bisa dinilai dari blog yang ditampilkan. Memang tidak ada salahnya untuk menambahkan fitur tersebut, namun bagaimana  jika fitur tersebut lebih banyak dari pada teks/tulisannya? Tentunya, para pembaca akan kesulitan untuk membuka blog dan dia akan malas untuk memberikan komentarnya. Saya pernah mengalami sendiri hal tersebut, dimana di satu  sisi saya membuka blog yang banyak menampilkan gambar di blognya, di sisi lain saya membuka blog yang banyak menampilkan musik dan video. Bisa dibayangkan betapa sulitnya saya membuka beberapa blog itu dalam waktu yang bersamaan. Jadi, alangkah baiknya jika isi blog itu hanya teks saja, bukan kombinasi dari beberapa gambar, musik dan video.

  • Kirimkanlah komentar atau pertanyaan yang sesuai dengan isi dan tujuan penulisan blognya. Misalnya, jika Anda membaca blog tentang agama, kirimkanlah pertanyaan/komentar tentang topik tadi, bukan mengirim komentar yang ada tidak ada hubungannya dengan isi blog. Kalau Anda mengirimkan komentar yang salah alamat, misalnya: pembukaan kartu kredit atau jual beli mobil, maka promosi anda itu tidak akan laku. Selain itu penulis blog juga akan merasa jengkel kepada Anda. Hindari mengirim pesan atau komentar yang bersifat pribadi atau hanya relevan untuk beberapa orang. Lantaran member di Multiply.com sangat beragam, maka Anda harus berhati-hati  dalam menulis pesan atau komentar. Mungkin saja pesan atau komentar Anda tidak menyinggung sebagian besar orang, tapi untuk orang-orang tertentu bisa sebaliknya.

Chatting menjadi salah satu fasilitas di internet yang paling diminati para netter. Karena dengan chatting, kita bisa berbincang dengan sesame netter walau sebatas melalui tulisan. Lewat chatting, kita juga bisa berkenalan dengan netter di seluruh penjuru dunia untuk berbagi pengalaman. Salah satu program chatting yang terkenal adalah  Yahoo Messenger. Yahoo Messenger  merupakan program Instant Messaging yang sangat popular di seluruh dunia karena kemudahan pemakaian dan beragamnya fasilitas  yang disediakan. Nah, berikut ini ada beberapa panduan yang mungkin berguna bagi anda untuk membina hubungan persahabatan di dunia maya (internet).

  • Untuk memulai perbincangan, hendaknya kita mengucapkan salam kepada lawan bicara kita. Hal ini menunjukkan ketulusan, kerendahan hati dan personality kita yang sebenarnya. Dengan mengucapkan salam, maka lawan bicara kita akan merasa dihargai sebagai tamu dan dia akan mengerti bahwa kita adalah orang yang memiliki etika.

  • Hindari perbincangan yang bisa menyinggung pribadi seseorang. Apalagi, sesama teman di internet rata-rata belum mengenal lebih jauh. Paling-paling hanya nama, umur, lokasi, pekerjaan atau telepon yang semuanya dikenal lewat internet dan belum tentu semuanya itu benar/sesuai dengan kenyataan. Jika kita mengenal sifat/watak teman kita, itu pun hanya di permukaan saja. Kita belum mengenal pribadinya secara detil luar dan dalam.

  • Hindari penggunaan kalimat yang manja dan genit supaya tidak memancing user/netter iseng yang lagi “cari mangsa”. Bisa-bisa kamu yang dijadikan mangsa berikutnya oleh dia. Hi…sereem bo…..!!!

  • Biasanya para user itu saling bertukar foto atau nomor telepon. Jika anda tak keberatan memberinya, sebaiknya berikan nomor handphone saja. Selain sifatnya lebih pribadi, tak melibatkan teman atau orang rumah, kita juga bisa “mengendalikan” lawan bicara kita. Hati-hati dan cermati kepada siapa kita memberikan nomor HP/telepon. Sebaiknya, nomor HP atau telepon hanya diberikan kepada kenalan yang sudah benar-benar kita kenal dengan baik. Tujuannya, supaya tidak terjadi penyalahgunaan nomor HP untuk tujuan yang tidak baik, seperti dimasukkan ke dalam situs-situs porno.

  • Jika di computer Anda terdapat voice chat atau web cam, maka hendaknya perlu diwaspadai penggunaannya. Saat ini banyak netter yang suka bertindak semaunya. Banyak di antara mereka yang menggunakan voice chat dan webcam untuk tujuan perbincangan tentang seks. Jika mereka meminta Anda untuk melakukan aktivitas seks , maka jangan dilayani atau ditanggapi permintaan mereka. Lebih baik tinggalkan saja user iseng atu pun menekan Anda tadi. Anda juga bisa menghubungi internet provider Anda supaya user nakal tadi bisa langsung dicoret dari lau lintas internet.

  • Langkah terakhir adalah ajakan untuk saling bertemu atau istilahnya “kopdar” alias kopi darat. Ajaklah teman lain untuk mendampingi Anda. Pilihlah tempat yang ramai, misalnya di plaza atau mall. Jika Anda merasa tertarik, tetaplah bersikap biasa-biasa saja. Begitu juga jika Anda kecewa. Setelah bertemu, pilihan ada di tangan Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan kadar pertemanan atau tetap sekedar menjadi teman biasa.

Linkin by: popwillneverstop which taken from the original on njawi

r1d0aja said:

quote: r1d0ajar1d0aja – Tulisan ini telah mengalami perombakan seperlunya, agar mudah dibaca dan dimengerti. Sorry mas dody, saia ga minta izin untuk mengubahnya. Kalo mas keberatan bisa saia delate postingan ini, kirim PM aja yak. quote: r1d0aja

© 2008: r1d0aja™

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s